Suksesnya Hilirisasi Sawit Tergantung Hal ini

Pemerintah semakin menunjukkan keseriusan dalam proyek hilirisasi produk – produk turunan kelapa sawit. Bukan hanya Biodiesel tapi juga produk seperti minyak goreng, kosmetik, sabun dan lainnya sehingga tidak akan ekspor dalam bentuk Crude Palm Oil (CPO) lagi.

Inspirasi ini adalah dari kesuksesan nikel yang nilai ekspor nya naik 367% (data BPS 2022). Efek ekonomi yang ditimbulkan juga sangat besar untuk perekonomian nasional serta untuk penyerapan tenaga kerja.

Untuk menggenjot hilirisasi sawit pemerintah harus melakukan terobosan – terobosan yang berani, hal ini dikarenakan sawit merupakan investasi jangka panjang. Tidak hanya menjaga stok sawit, tapi juga harus mampu menjaga stabilisasi harga sawit dan memberikan insentif kebijakan agar semakin banyak yang berinvestasi.

Riset dan berinovasi juga merupakan langkah yang penting, agar sawit yang ditanam memiliki kualitas terbaik dan mampu menghasilkan buah tandan segar (TBS) sawit yang unggul. Seluruhnya harus dilakukan dengan konsisten dan tidak berubah – ubah.

Baca Juga : 18 November Adalah Hari Kelapa Sawit Nasional.

Tentang Penulis

afnajayapratama

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.