Rencana Genjot Program Biodiesel Hingga B50

Indonesia terus mengejar pengembangan biodiesel. Kementerian ESDM menyatakan mulai 1 Januari 2025, pemerintah akan meluncurkan B40, yaitu biodiesel campuran solar dengan 40% minyak nabati dari kelapa sawit.

Sejauh ini Indonesia sudah menjalankan program biodiesel B35 yang implementasinya sudah dilakukan sejak 2023. Sejak awal tahun sudah ada 8,21 juta kiloliter (KL) B35 yang disalurkan dari target 13,4 juta kiloliter.

Selama empat bulan ini, badan usaha penyalur BBM sedang menyiapkan implementasi B40. Ada 23 badan usaha yang siap menyalurkan B40.

Bicara soal biodiesel, Presiden terpilih Prabowo Subianto punya mimpi besar untuk mengebut pengembangan B50 saat menjabat mulai Oktober mendatang. Hal tersebut diyakini pemerintah dapat membuat Indonesia hemat impor hingga Rp 300 triliun lebih.

Prabowo pernah mengatakan targetnya B50 bisa disalurkan di seluruh Indonesia paling cepat akhir tahun ini, atau paling lambat tahun depan. Hal ini bisa mengurangi ketergantungan impor minyak untuk membuat solar. Dan pada ujungnya, menilai Indonesia bisa menghemat US$ 20 miliar atau sekitar Rp 309,7 triliun untuk impor minyak.

Baca Juga : Manfaat, Tantangan, Dan Masa Depan Sawit Indonesia.

Tentang Penulis

afnajayapratama

1 Komentar

  1. […] Baca Juga : Rencana Genjot Program Biodiesel Hingga B50. […]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.