Cara Mengatasi Ganoderma Di Perkebunan Kelapa Sawit

Jangan abaikan Ganoderma(pembusukan pada pangkal batang) pada kelapa sawit. Penyakit ini merupakan masalah utama dalam pelaku usaha perkebunan kelapa sawit. Karena dapat mengurangi produktifitas pohon kelapa sawit.

Ganodarma jika dibiarkan akan membunuh tanaman kelapa sawit secara perlahan dan diam-diam. Penyakit ini ditemukan dibanyak perkebunan kelapa sawit di kawasan asia tenggara. Pada pohon kelapa sawit yang sudah berumur lebih dari 15 tahun, kemungkinan mati mencapai 80%.

Pengendalian Ganoderma membutuhkan pendektan yang terstruktur, sistematis, dan komprehensif. Dimulai dengan melakukan pendataan pohon yang mengalami ganoderma, identifikasi gejala dan ciri-ciri ganoderma, serta deteksi dini ganoderma.

Dengan perlakuan kuratif; isolasi pohon terinfeksi & perlakuan agens hayati, pengikisan batang terinfeksi Ganoderma, soil bio-mounding + Tricoderma, injeksi fungisida kimia, injeksi fungisida biologi (mikrovirus).

Sementara, di areal peremajaan; sanitasi pohon terinfeksi Ganoderma (removal/deboling), perlakuan preventif (penggunaan benih moderat toleran (MT) Ganoderma, perlakuan preventif; aplikasi agens hayati di pembibitan dan lubang tanam.

Baca Juga : Dilema Industri Sawit, Pemenuhan Biodiesel Hingga Pengorbanan Kapasitas Ekspor.

Tentang Penulis

afnajayapratama

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.