Percepatan PSR, Harus Melibatkan Seluruh Stakeholder Sawit

Program peremajaan sawit masih menjadi PR bagi pemerintah, program yang sangat penting dalam upaya peningkatan produktivitas ini masih menemuai banyak kendala. Seperti yang telah diketahui, banyak perkebunan sawit yang sudah mengalami penurunan produktivitas karena umur pohon sawit yang tua.

Kendala terbesar adalah perkebunan kelapa sawit di Indonesia masih banyak yang dimiliki oleh perorangan. Hal ini menyebabkan pengelolaan perkebunan menjadi tidak efektif, karena pemikiran individu berbeda – beda dan literasi pendidikan yang berbeda pula.

Untuk itu, pemerintah mendorong para pengusaha untuk bermitra dengan petani sawit sehingga kesadaran untuk melakukan peremajaan pohon sawit dapat terbangun. Melalui BPDPKS(Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit), pemerintah juga telah memberikan bantuan permodalan 30 juta perhektar.

Dengan melibatkan kerjasama pengusaha dan petani sawit tradisional, diharapkan akan mampu mempercepat program peremajaan sawit. Sehingga produksi sawit akan meningkat  dan lebih berkualitas.

Baca Juga : Perkuat Pengembangan Perkebunan Kelapa Sawit yang Berkelanjutan.

Tentang Penulis

afnajayapratama

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.