Tunda B40, Pemerintah Masih Perlu Kajian dan Uji Coba Mendalam

Penerapan implementasi bauran crude palm oil (CPO) ke dalam solar atau biosolar sebesar 40% belum akan diterapkan dalam waktu dekat. Pada tahun ini, B40 masih dalam tahap pengkajian dan serangkain uji coba baik uji jalan maupun uji kelayakan lainnya.

Oleh sebab itu pada tahun ini implementasi biosolar masih menggunakan campuran seperti tahun kemarin yakni 30% (B30). Menurut data kementrian ESDM, kuota bahan bakar nabati (BBN) telah melampaui target yang ditetapkan pada tahun lalu yaitu sebesar 13,4 juta kilo liter (KL).

Dengan respon positif dari pasar itulah, membuat pemerintah semakin optimis dalam mengembangkan energi baru dan terbarukan (EBT) tersebut. Tentunya dengan meningkatkan campuran menjadi B40 yang masih tahap kajian dan uji coba di kemetrian ESDM.

Dengan begitu konsumsi biodiesel akan lebih banyak diserap oleh pasar dalam negeri di bandingkan pasar ekspor. Perkebunan sawit juga harus terus mempersiapkan cara untuk meningkatkan hasil panen sawit, agar pemenuhan kebutuhan domestik yang meningkat tidak mengganggu nilai ekspor.

Baca Juga : Kebijakan Strategis Untuk Mendorong Produktivitas Sawit Rakyat.

Tentang Penulis

afnajayapratama

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.