Mengenal Hilirisasi dan Manfaatnya

Downstreaming atau lebih dikenal dengan program hilirisasi merupakan langkah cerdas untuk mengembangkan produk – produk dan meningkatkan nilai jual yang lebih tinggi. Program ini juga memiliki efek lain dibidang lapangan pekerjaan karena akan menyerap tenaga kerja yang cukup banyak disekitar program hilirisasi berjalan.

Namun program ini akan berjalan dengan baik jika ada komitmen dari pemerintah, karena hilirisasi membutuhkan riset – riset dalam pengembangan produk. Serta yang tidak kalah penting adalah kebijakan – kebijakan yang berperan untuk mempermudah program hilirisasi berjalan.

Secara lengkap, manfaat hilirisasi dapat dirasakan diberbagai sektor dan lini kehidupan. Berikut ini penjelasannya:

  1. Memberikan Nilai Tambah
    Produk awal yang masih mentah akan melalui tahap berbagai tahapan pengolahan, sehingga akan menjadi produk baru yang memiliki kualitas dan nilai jual yang lebih tinggi.
  2. Menciptakan Lapangan Pekerjaan Baru
    Proses pengolahan bahan mentah tentunya membutuhkan tenaga kerja yang terampil da terlatih, hal ini yang akan membuka kesempatan kerja bagi para pencari kerja. Dengan begitu, kesejahteraan masyarakat dan pertumbuhan ekonomi akan meningkat.
  3. Meningkatkan Pertumbuhan Ekonomi
    Produk hasil olahan akan memiliki nilai tambah yang lebih tinggi, sehingga akan meningkatkan pendapatan daerah hingga nasional.
  4. Menciptakan Produk Baru

Produk hasil hilirisasi akan menjadi komoditi penting di pasar domestik dan mancanegara sehingga membuka peluang pasar yang baru pula.

  • Mengoptimalkan Penggunaan Sumber Daya Alam

Tidak hanya menghasilkan produk yang lebih berkualitas dan bernilai tambah tinggi, SDA juga akan dioptimalkan sehingga limbah yang dihasilkan lebih sedikit. Dengan begitu lingkungan hidup juga dapat terjaga kelestariannya.

Tentang Penulis

afnajayapratama

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.