Apa Itu Biodiesel/Biosolar, Bioetanol dan Biogas?

Biodiesel/Biosolar, Bioetanol dan Biogas adalah jenis dari Biofuel. Biofuel merupakan energi yang terbuat dari materi hidup, biasanya tanaman sebagan bahan dasar pembuatannya. Biofuel adalah energi terbarukan yang diproyeksikan untuk menggantikan peran yang besar dari bahan bakar fosil.

Biodiesel / Biosolar adalah minyak dari tumbuhan ataupun hewan yang dicampur dengan minyak solar. Di Indonesia telah menerapkan peralihan ke Biosolar, hingga saat ini biosolar yang digunakan mencapai kadar Biosolar B30. Biosolar dapat digunakan tanpa harus memodifikasi mesin yang telah ada.

Bioetanol terbuat dari umbi – umbian, jagung atau tebu yang melalui proses fermentasi biomassa kemudian di destilasi sehingga menjadi bioetanol. Bioetanol ini dapat digunakan langsung sebagai bahan bakar.

Biogas adalah energi yang dihasilkan dari limbah organik seperti kotoran ternak atau limbah dapur seperti sayuran yang rusak dan terbuang. Setelah melalui proses urai diruang kedap udara, akan menghasilkan gas metana ( CH4 ) dan gas karbondioksida ( C02 ). Biogas ini bisa digunakan sebagai pengganti LPG.

Dari semua jenis Biofuel ini, Indonesia memiliki semua bahan dasar untuk pembuatannya. Untuk sekarang pemerintah masih fokus di Biosolar/Biodiesel untuk menggantikan solar murni. PT. Afna Jaya Pratama juga ikut berperan dalam mensukseskan peralihan dari solar ke biosolar khususnya di industri dan marine. Kami berkonsentrasi dalam penyaluran biosolar, sehingga diharapkan kedepannya seluruh lini akan menggunakan biosolar.

Baca Juga : Nilai Manfaat Program Biosolar

Tentang Penulis

afnajayapratama

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.