Tips Mobil Biodiesel Lolos Uji Emisi

Pemerintah tengah mempersiapkan rancangan peraturan untuk sangsi tilang bagi mobil yang tidak lulus uji emisi. Untuk itu, banyak sekali mobil bermesin diesel yang berumur tua memiliki emisi gas buang yang jelek. Dari mulai asap hitam yang biasa mengepul dari knalpot mobil bermesin diesel.

Padahal salah satu uji emisi adalah kepekatan asap knalpot, jika tidak memenuhi kriteria tentunya akan menyebabkan masalah saat uji emisi.

Dengan biosolar B35 yang mengandung FAME, bila mobil lama tidak digunakan atau bahan bakar dibiarkan ngendon di tampungan dapat menyebabkan pembusukan. Kondisi ini akan mempengaruhi kualitas dari biodiesel dan membuat emisi gas buang menjadi tidak sempurna (gas buang jelek).

Sehingga tips untuk lolos test uji emisi adalah memasukkan zat aditif khusus untuk bahan bakar, sehingga kualitas solar semakin baik dan berakibat emisi menjadi lebih bagus. Dan juga pergantian filter bahan bakar akan membuat bahan bakar yang masuk ke ruang bakar mesin semakin bersih.

Tips terakhir adalah jangan memanasakan mesin terlalu lama. Karena saat putaran rendah, karbon dari hasil pembakaran akan menempel di saluran knalpot dan katalisnya. Kondisi ini akan membuat pembacaan pada saat uji emisi akan menjadi jelek.

Baca Juga : Dana BPDPKS Ke Biodiesel Mencapai 155,7 Triliun Rupiah

Tentang Penulis

afnajayapratama

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.