Prospek Industri Perkebunan Kelapa Sawit Indonesia

Industri kelapa sawit saat ini memiliki pasar yang sangat luas baik di dalam maupun luar negeri. Buktinya, industri kelapa sawit mampu menggantikan peran penting dari pertambangan batu bara di kalimantan timur yang selama ini menjadi motor ekonomi daerah tersebut.

Dengan hal tersebut, tanaman yang mamppu menghasilkan minyak goreng dan beberapa produk turunannya diyakini dapat menjadi motor ekonomi nasional.

Menurut Dr.Odit Ferry Kurniadinata SP, Msi salah satu peneliti dan dosen Universitas Mulawarman, sektor pertanian merupakan sektor utama dalam kehidupan manusia, baik pangan, pakan, ataupun energi. Tercermin disaat covid-19 melanda, sektor pertanian menjadi salah satu yang mampu bertahan .

Prospek industri perkebunan kelapa sawit pada wilayah Indonesia yang beriklim tropis dapat digali secara masif agar menjadi penggerak utama ekonomi nasional dan daerah. Karena dari tahun ketahun kebutuhan akan produk produk turunan dari kelapa sawit semakin meningkat.

Yang menjadi perhatian adalah ketersediaan stok bahan baku sawit yang dalam beberapa tahun ini mengalami stagnansi padahal permintaan dipasar semakin tinggi. Pemerintah diharapkan akan mendorong  program guna meningkatkan produksi kelapa sawit.

Baca Juga : Pabrik Baru Minyak Makan Merah Di Merbau.

Tentang Penulis

afnajayapratama

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.