Hilirisasi Yang Ada Di Indonesia

Pemerintah saat ini tengah konsisten dan serius dalam melakukan hilirisasi di berbagai komoditas sumber daya alam (SDA). Berikut adalah contoh hilirisasi yang ada di Indonesia :

  1. Industri Kelapa Sawit
    kesuksesan industri hilirisasi di Indonesia dapat diambil contoh yaitu kelapa sawit. Dari ekspor CPO (Crude Palm Oil), Indonesia telah bergerak maju dengan mengembangkan produk turunan seperti minyak kelapa sawit, margarin, dan bahan baku untuk industri kosmetik. Langkah ini tidak menambah nilai ekonomi, tapi juga mampu menciptakan lapangan pekerjaan dan membantu mengurangi ketergantungan pada ekspor bahan mentah.
  2. Industri Karet
    seakan tidak mau kalah, hilirisasi juga mulai terjadi pada industri karet dengan terciptanya beberapa produk turunan seperti karet bubuk, barang karet jadi, maupun karet olahan. Dengan diversifikasi produk ini, Indonesia akan mampu meningkatkan daya saing dan mengekspor barang dengan nilai tambah.
  3. Industri Tekstil dan Garmen
    industri tekstil dan garmen telah menjalankan strategi hilirisasi melalu pengembangan produk tekstil yang berkualitas dan dengan disain yang kreatif dan inovatif. Dengan begitu produk tekstil Indonesia akan mampu bersaing di pasar Internasional.

Baca Juga : Tingkatkan Nilai Tambah Sektor Industri Sawit Dengan Hilirisasi.

Tentang Penulis

afnajayapratama

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.