Bursa CPO Indonesia Dimulai Pada Oktober 2023

Badan Penngawas Perdagangan Berjangka Komoditi (BAPPEBTI) akan trobosan baru di dunia industri sawit indonesia dengan meluncurkan Bursa CPO (Crude Palm Oil) pada Oktober 2023 mendatang. Menurut Kepala Biro Pembinaan dan Pengembangan Perdagangan Berjangka Komoditi (PBK) yang dimuat di bisnis.com, saat ini tengah dilakukan koordinasi dengan menteri perdagangan. Dan diharapkan akan selesai bulan oktober.

Bahkan penyelenggara Bursa Berjangka pasar fisik CPO juga telah ditetapkan. Sehingga persiapan nya sudah sampai tahap akhir.

Sebelum menjadi penyelenggara, ada berbagai persyaratan yang harus dipenuhi untuk menjamin keamanan dan kenyamanan investor. Antara lain memiliki izin usaha, memiliki sistem perdagangan, pengawasan dan pelaporan, memiliki mekanisme dan sarana penyelesaian perselisihan.

Dengan pembukaan bursa ini, diharapkan akan memicu Indonesia untuk menwntukan harga CPO lebih mandiri, kompetitif, dan transparan. Tidak seperti sekarang ini, sebagai penghasil CPO terbesar di dunia Indonesia justru mengacu pada harga diluar negeri seperti bursa di Malaysia dan Belanda.

Baca Juga : Dampak Biosolar B35 Terhadap Filter Bahan Bakar.

Tentang Penulis

afnajayapratama

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.