Menegenal Minyak Nabati Dengan Pemanfaatan Tertinggi Dunia

Apakah selama ini kamu sadar kalau minyak goreng kebanyakan berasal dari minyak sawit mentah (crude palm oil / CPO) ? selain itu, ada beberapa industri krusial yang membutuhkan CPO ini, itulah mengapa pemerintah gencar untuk menambah perkebunan sawit di Indonesia. Berikut ini 5 industri krusial yang membutuhkan CPO sebagai bahan bakunya :

1.Campuran Biodiesel
CPO digunakan sebagai campuran dari bahan bakar dengan mengkombinasikan dengan solar fosil, seperti yang diterapkan di Indonesia seperti B30. Atau bahkan sebagai bahan bakar sendiripun sudah bisa.

2.Bahan Baku Pembuatan Minyak Goreng
Minyak sawit mentah juga digunakan sebagai bahan untuk memproduksi minyak goreng, dengan proses penyaringan dan bleaching sehingga akan mampu menjernihkan CPO menjadi bening.

3. Bahan Baku Makanan
CPO juga merupakan bahan baku membuat margarin.

4. Bahan Baku Pembuatan Kosmetik
Menurut data dunia, ada sekitar 70% produk kosmetik memiliki kandungan CPO didalamnya. Dengan kandungan minyak sawit kulit menjadi lembab.

5. BBN RON 110
Yang terbaru dan masih dalam tahap pengembangan adalah CPO juga diketahui mampu menghasilkan bahan bakar nabati dengan RON 110. Dengan RON tinggi tentunya ini merupakan kualitas yang baik untuk BBN.

Potensi yang sunggu sangat luar biasa yang dimiliki CPO, tugas kitalah untuk meneliti dan memanfaatkan secara maksimal manfaat lain dari CPO. Dengan begitu kita bisa menghilangkan ketergantungan terhadap energi tidak terbarukan seperti solar fosil.

Baca Juga : Kelanjutan Program Mandatori BBN Indonesia.

Tentang Penulis

afnajayapratama

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.