FAQ : Pertanyaan seputar Biodiesel 30% (B30)

Karena Biodisesl B30 merupakan produk baru, banyak pertanyaan yang sering muncul dibenak masyarakat ramai mengenai Biodiesel B30.  Berikut pertanyaan – pertanyaan yang sering muncul.

  1. Apakah bahan bakar nabati itu ?
    Salah satu bahan dalam proses pembuatan biodesel B30 berasal dari nabati, Bahan bakar nabati adalah bahan bakar yang dihasilkan dari bahan – bahan nabati atau bahan – bahan organic lainnya.
  2. Jenis – jenis dari bahan bakar nabati ?
    Ada beberapa jenis bahan bakar nabati diantaranya Biodiesel, Bioetanol dan Minyak Nabati Murni.
  3. Apa itu Biodiesel ?
    Biodiesel adalah bahan bakar nabati yang dipergunakan untuk mesin/motor diesel berupa ester metil asam lemak yang terbuat dari minyak nabati atau lemak hewani melalui proses esterifikasi/transesterifikasi.
  4. Apa bahan baku biodiesel ?
    Sampai saat ini, bahan baku biodiesel diindonesia berasa dari minyak kelapa sawit (CPO). Selain dari CPO, tanaman lain yang masih diteliti dan dikembangkan adalah tanaman jarak, kemiri sunan, kemiri cina, nyamplung dan lainnya.
  5. Bagaimana proses pembuatan biodiesel ?
    Umumnya pembuatan biodiesel menggunakan reaksi metanolisis yaitu reaksi antara minyak nabati dengan methanol.
  6. Apa Kegunaan Biodiesel ?
    Saat ini, biodiesel digunakan sebagai energi alternatif pengganti bahan bakar minyak untuk jenis diesel/solar. Sebenarnya biodiesel dapat diaplikasikan dalam bentuk 100% (B100) atau campuran dengan minyak solar pada tingkat tertentu seperti B30.
  7. Apa yang dimaksud dengan program B30?
    Progam ini merupakan inisiasi pemerintah yang mewajibkan pencampuran 30% biodiesel dengan 70% bahan bakar minyak jenis solar.

Itulah beberapa pertanyaan yang sering muncul dikalangan masyarakat mengenai biodiesel. Karena menjadi salah satu program andalan dari pemerintah, PT. Afna Jaya Pratama sebagai agen penyalur BBM untuk industri dan marine selalu memberikan informasi kepada masyarakat terkait hal ini. Sehingga masyarakat akan teredukasi dan yakin untuk beralih menggunakan biodiesel.

Baca Juga : PT Afna Jaya Pratama, Zero Complaint

Tentang Penulis

afnajayapratama

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.