Kelapa Sawit Untuk Kebutuhan Minyak Goreng dan Energi Indonesia

Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit Indonesia (GAPKI) menyatakan bahwa saat ini, sawit sudah mandiri dalam memenuhi kebutuhan dalam negeri, terutama untuk minyak goreng dan energi.

Indonesia memproduksi minyak sawit sekitar 50 juta ton per tahun, dengan sekitar 30 juta ton diekspor dan 10 juta ton dimanfaatkan di dalam negeri untuk minyak goreng serta margarin.

Minyak sawit juga dimanfaatkan untuk biodiesel, dengan jumlah sekitar 11 juta ton. Saat ini, kebutuhan sawit untuk biodiesel di dalam negeri telah melebihi kebutuhan untuk pangan. Kemudian untuk kebutuhan untuk industri oleokimia. Industri oleokimia juga sekitar hampir 2,5 sampai 3 juta ton.

Masalah yang dihadapi saat ini adalah jika sudah menggunakan B35, untuk beralih ke B50 diperkirakan akan membutuhkan tambahan sekitar 5 juta ton CPO untuk biodiesel. Sementara itu, jika diperlukan 5 juta ton CPO tambahan dan produksi saat ini masih stagnan, hal ini tentu akan berdampak pada ketersediaan untuk ekspor.

Untuk memastikan ekspor tetap terjamin, kebutuhan pangan tetap terjaga, dan pasokan biodiesel juga aman, hal ini mau tidak mau memerlukan peningkatan produktivitas dalam negeri. Cara yang paling memungkinkan untuk mendongkrak produksi sawit adalah melalui program Peremajaan Sawit Rakyat (PSR) yang ditargetkan 180 ribu hektare setiap tahunnya.

Perusahaan terus mendorong penggunaan klon-klon baru yang unggul dan memiliki produktivitas lebih baik. Selain itu, Indonesia juga mengembangkan kebun energi yang khusus didedikasikan untuk bioenergi, sehingga tidak akan mempengaruhi untuk pangan maupun juga untuk kebutuhan ekspor.

Baca Juga : Uraikan Kesuksesan Program Biodiesel Indonesia Di Forum SVOC Ke-3.

Tentang Penulis

afnajayapratama

2 Komentar

  1. […] Baca Juga : Kelapa Sawit Untuk Kebutuhan Minyak Goreng dan Energi Indonesia. […]

  2. […] Baca Juga : Kelapa Sawit Untuk Kebutuhan Minyak Goreng dan Energi Indonesia. […]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.