Industri Sawit Menjadi Pilar Ketahanan Pangan Global

Minyak sawit adalah minyak nabati yang telah menjadi kebutuhan di pasar Internasional. Hampir semua negara menjadi stakeholder dalam perdagangan industri sawit ini, baik sebagai produsen maupun sebagai konsumen.

Mayoritas minyak sawit yang beredar masih digunakan sebagai bahan baku produksi. Minyak goreng, margarine, coklat, biskuit atau produk pangan lainnya merupakan produk turunan dari minyak sawit.

Dari laman Gapki.id, ada sekitar 10 negara produsen dengan 39 negara eksportir dan 220 negara menjadi konsumen. Penggunaan minyak sawit untuk sektor pangan pada tahun 2021 di China mencapai 66%, India 96%, Pakistan sebesar  98%, dan Uni Eropa sebesar 36%.

Salah satu produksi turunan lain dari kelapa sawit yaitu Palm Kernel Meal (PKM) yang digunakan untuk bahan baku industri pakan ternak atau feedmil dunia. Ekspor PKM terbesar adalah Indonesia dan malaysia yang mencapai 7 juta ton pada tahun 2021.

Dengan begitu banyak produk turunan tersebut, peran industri sawit terhadap ketahanan pangan global atau feeding the world sangatlah besar. Baik yang dikonsumsi langsung oleh masyarakat ataupun industri pangan lain.\

Baca Juga : Wujudkan Pemanfaatan Sawit Yang Inklusif Di Bumi Flobamorata.

Tentang Penulis

afnajayapratama

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.