Apakah Bioavtur Dapat Digunakan Bahan Bakar Pesawat Terbang

Biomassa merupakan sebuah energi terbarukan yang berasal dari bahan organik seperti hewan dan tumbuhan. Menurut artikel di brin.go.id 75% ekspor perkebunan Indonesia berasal dari kelapa sawit. Itu artinya stok dari kelapa sawit sangat melimpah. Untuk itu perlu diadakan kajian yang lebih memfokuskan berbagai produk turunannya. Agar dapat terserap semakin banyak di pasar domestik.

Tanah air merupakan negara kepulauan yang sudah tentu agar saling terkoneksi antar pulau membutuhkan transportasi udara dan air. Untuk itu bioavtur sebagai bahan bakar pesawat terbang perlu dipikirkan secara matang.

Kondisi sekarang ini, produksi bioavtur masih relatif mahal. Hal ini membuat pengusaha masih berhitung untung dan ruginya. Untuk itu pemerintah perlu memgambil sikap dan mau berinvestasi agar bioavtur dapat digunakan di pesawat komersil.

Bioavtur sendiri sejak 2015 telah dikembangan oleh pertamina berkejasama dengan ITB. Bioavtur sekarang memiliki konsentrasi 2,4 persen dengan bahan dasar palm oil. Harga yang relatif lebih mahal dari avtur biasa menjadi tantangan yang harus dilewati dan dilalui oleh pemerintah.

Baca Juga : Bursa CPO Indonesia Dimulai Pada Oktober 2023.

Tentang Penulis

afnajayapratama

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.