B35 Berjalan Penuh Pada 1 Agustus 2023

Kementrian energi dan sumber daya mineral (ESDM) dalam unggahan terbaru di kanal youtube, menyampaikan bahwa program B35 akan sepenuhnya berjalan pada 1 agustus 2023. Seperti yang telah diketahui, program B35 telah berjalan pada bulan februari 2023, namun karena beberapa kendala teknis dan sarana membuat belum semua daerah menerapkannya.

Indonesia yang dianugerahi dengan sumber daya alam (SDA) yang sangat besar dan beraneka ragam, memiliki potensi untuk menjadi negara yang mandiri dibidang energi. Tidak seperti sekarang yang menjadi importir BBM.

Berbekal kesadaran dan kemauan untuk berkembang, dari tahu ketahun indonesia mulai melakukan percepatan untuk menjadi negara yang berdikari. Menurut data 2022, dalam setahun implementasi B30 mampu menurunkan karbon emisi 28 juta. Dan yang lebih mengangumkan lagi, B30 mampu mengurangi impor BBM sehingga berhemat 122 triliun.

Setelah 3 tahun b30 diterapkan dengan baik dan partisipasi masayarkat yang terus meningkat, kemudian pada 1 Februari 2023 B35 akhirnya diluncurkan. Target dari penerapan kenaikan campuran biodiesel ini adalah 13,15 juta kiloliter. Devisa yang mampu dihemat adalah sebesar US$ 10,75 miliar atau sekitar 161 triliun dalam setahun.

Baca Juga : Produksi Biodiesel RI Capai 11.84 Juta Kiloliter Pada 2022.

Tentang Penulis

afnajayapratama

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.