Persiapan Peningkatan Produksi Minyak Kelapa Sawit

Peningkatan produktivitas minyak sawit menjadi sesuatu yang pasti dan wajib dilakukan jika mau melawan kebijakan EUDR eropa yang berusaha mengatur kebijakan di negara produsen biodiesel.

Teknologi yang dapat digunakan salah satunya adalah Production Force Management yang memungkin kenaikan produkstivitas antara 30-80%. Ditambah dengan seluruh land bank yang tersedia ditanami sawit, perkebunan sawit akan bertumbuh dengan signifikan sebesar 20 juta Ha.

Selain itu produktivitas perkebunan sawit juga dapat ditopang dengan replanting pada perkebunan rakyat yaitu dengan mengganti pohon kelapa sawit yang sudah tua, dengan bibit yang lebih unggul. Dan dengan perbaikan pola pemupukan, inovasi bibit dengan research persilangan, dan inovasi lain yang tentunya akan meningkatkan produksi sawit nasional.

Tata kelola perkebunan juga menjadi langkah strategis, diantaranya mendata lahan – lahan yang terlantar kemudian dikelola oleh BUMN. Sehingga lahan yang semula produktivitasnya kecil menjadi meningkat lebih besar.

Sehingga ketika implementasi B100 dijalankan, produktivitas kita sudah mencukupi untuk menopang program tersebut.

Baca Juga : Program Biodiesel 100%, Menjadi Senjata Andalan Untuk Melawan Uni Eropa.

Tentang Penulis

afnajayapratama

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.