Biodiesel Merupakan Masa Depan Energi

Bahan bakar nabati (BBN) sekarang ini menjadi salah satu fokus penngembangan di berbagai negara maju maupun berkembang. Yang paling berkembang di Indonesia saat ini adalah biodiesel, karena memiliki sifat yang mirip dengan solar fosil membuat biodiesel bisa digunakan di mesin diesel tanpa harus modifikasi mesinnya.

Berbagai manfaat biodiesel yang dapat dirasakan adalah ramah lingkungan karena emisi gas buangnya mengasilkan CO2 yang lebih rendah sehingga dapat mengurangi polusi udara. Manfaat yang lain adalah dari sisi sumber daya terbarukan, biodiesel berasal dari BBN sehingga mampu dikembangkan secara berkelanjutan.

Namun dalam implemantasi nya, biodiesel mengalami beberapa kendala seperti biaya produksi yang relatif tinggi, ketersediaan bahan baku, kebijakan dan regulasi yang belum optimal. Untuk mengatasi semua itu diperlukan kebijakan yang tepat dari pemerintah.

Di masa depan, biodiesel memiliki peluang yang sangat besar untuk membuat kemandirian energi dan pemberdayaan ekonomi yanng lebih luas. Dan kelesatarian lingkungan dapat tercipta karena polusi nya dapat dikurangi secara signifikan.

Baca Juga : Tujuan Mandatori Biodiesel, BBM Alternatif Berbahan Sawit.

Tentang Penulis

afnajayapratama

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.