Minyak Jelantah Bisa Jadi Bahan Baku Biodiesel

Indonesia  sedang menerapakan program mandatori, program ini merupakan upaya peralihan dari energi fosil ke energi terbarukan dan upaya untuk menggunakan bahan bakar yang lebi ramah lingkungan.

Untuk memproduksi biodiesel, Indonesia menggunakan Crude Oil Palm (CPO) dari hasil kelapa sawit. Bersumber pada riset oleh Traction Energy Asia, biodiesel dapat diproduksi dari minyak goreng bekas atau Used Cooking Oil (UCO). Hal ini dapat dijjadikan jalan agar tidak semakin meluas hutang yang dialihfungsikan menjadi lahan kelapa sawit.

Didalam riset juga dijelaskan penggunaan UCO mampu mengurangi emisi hingga 49 juta Kg CO2 eq. jadi penggunaan UCO menjadi bahan komplementer dibanding dengan CPO murni. Memang tidak mudah dalam penerapannya tapi jika dilihat dari sisi baiknya, jika hal ini dilakukan minyak goreng yang menjadi limbah dapat didaur ulang lagi. Dan lebih lanjut lagi, rumah tangga dan usaha yang menghasilkan UCO dapat mendapatkan tambahan penghasilan.

PT. Afna Jaya Pratama terus mendorong pemanfaatan energi terbarukan yang lebih ramah lingkungan. Hal ini dikarenakan kami fokus untuk hidup berdampingan dengan lingkungan sehingga seluruh upaya untuk mencapai hal tersebut perlu dilakukan.

Baca Juga : Mengevaluasi Industri Kelapa Sawit Tanah Air.

Tentang Penulis

afnajayapratama

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.