Solusi Energi Masa Depan

Sudah bukan rahasia lagi, bahan bakar fosil merupakan sumber daya alam yang tidak dapat terbaharui. Namun, kita sepertinya lupa akan fakta bahwa cadangan bahan bakar fosil akan habis suatu saat nanti.

Walaupun kita terus mencari sumber cadangan bahan bakar fosil baru, tapi kenyataannya penemuan sumber baru tersebut tidak sebanding dengan tingginya peningkatan kebutuhan bahan bakar fosil. Pada sebuah artikel di laman MAHB Stanford, disebutkan bahwa cadangan minyak global akan habis pada tahun 2052 yaitu 31 tahun lagi. Sedangkan untuk Gas akan habis pada tahun 2060, untuk batu bara akan bertahan hinggan tahun 2090.

Bahkan pada tahun 2020, kementrian ESDM mengeluarkan sebuah data yang mengejutkan tentang hal ini. Dikatakan bahwa jika pemakaian minyak tetap tinggi seperti ini, diperkiran pada tahun 2029 minyak akan habis. Dari berbagai perkiraan tersebut sudah pasti harus menjadi bahan renungan dan bahan pembelajaran semua negara dunia tidak terkecuali indonesia.

Berangkat dari kekhawatiran itulah, Indonesia berusaha mengurangi ketergantungan akan bahan bakar fosil, hal ini yang membuat pemerintah mencetuskan program B100. Program tersebut memiliki tujuan besar, yaitu Indonesia mampu beralih ke 100% bahan bakar nabati.

Terkini.indonesia sudah bisa mencapai pada tahap B30. Sebuah pencapaian yang cukup bagus mengingat proyek ini yang masih seumur jagung. Demi mendorong kemajuan tersebut, PT. Afna Jaya Pratama sebagai agen penyalur BBM untuk industri dan marine terus menggalakkan pemakaian di dunia industri dan marine. Mulai dari sosialisai ke pengusaha sampai dengan meningkatkan kemudahan untuk mendapatkan produk Biosolar tersebut merupakan cara yang ditempuh oleh PT. Afna Jaya Pratama untuk membuat Biosolar B30 diminati dan diterima dikalangan masyarakat luas.

Perjuangan kita untuk mencapai B100 memang masih panjang, tapi jangan sampai menghalangi kita untuk berusaha bersama demi mewujudkan hal itu. Agar dimasa mendatang kita dapat lepas dari ketergantungan dengan bahan bakar fosil.

Baca Juga : Indonesia Negara Maritim Terbesar

Tentang Penulis

afnajayapratama

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.