Mimpi Besar Indonesia Menjadi Negara Industri

Indonesia akan memulai langkah baru dalam perjalanan panjang untuk menjadi negara industri. Dengan peresmian pabrik pengolahan dan pemurnian (smelter) tembaga dan alumina menjadi langkah untuk mencapai hal tersebut.

Pembangunan smelter Freeport Indonesia bentuk usaha dalam menyongsong Indonesia menjadi industri negara maju yang mengolah sumber daya alamnya sendiri dan tidak ekspor raw material dan ini akan buka lapangan pekerjaan yang sangat besar. Smelter tembaga single line alias jalur tunggal terbesar di dunia ini berada di atas lahan lebih dari 100 ha, tepatnya 104 ha.

Pabrik injeksi bauksit perdana pada proyek SGAR Fase 1 di Mempawah, Kalimantan Barat, kembali mengungkapkan optimismenya bahwa Indonesia bisa menjadi negara industri. Merupakan pabrik yang mengolah bauksit hingga menjadi aluminium yang terintegrasi.

Artinya, smelter ini bisa menciptakan industri-industri turunan penyerap katoda tembaga di Tanah Air. Selain, pemasukan yang bisa diterima negara sebesar Rp 80 triliun per tahun dari PTFI.

Baca Juga : Komitmen Peningkatan Kesejahteraan Petani.

Tentang Penulis

afnajayapratama

1 Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.